Aplikasi yang Seharusnya Tidak Terinstall di Android Anda

Aplikasi Pemberat Memori dan RAM


       Ada banyak hal yang bisa dilakukan di smartphone.Selain menelpon dan sms, banyak fungsi lain yang bisa kita dapatkan dengan perangkat pintar ini. Namun, pasti sangat mengganggu jika anda harus menikmati semua kemampuan smartphone android anda yang disertai dengan lag bahkan hang.

      Tahukah anda bahwa ada setiap aplikasi yang diinstall di perangkat android anda bisa berjalan sendiri walaupun anda tidak membukanya ? Bahkan yang paling menyebalkan ketika anda mengaktifkan data seluler atau terhubung ke jaringan wifi, semua aplikasi akan aktif bahkan biasanya akan melakukan update otomatis.
      Hal tersebut tentu akan menyebabkan smartphone android anda lemot, baterai akan terkuras, bahkan smartphone bisa hang dan tidak bisa dioperasikan. Bagi anda yang memiliki smartphone android dengan ram yang besar serta processor yang tangguh, maka hal tersebut tidak usah dipikirkan. Namun, bagi anda yang mempunyai smartphone dengan spesifikasi terbatas, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menghindari menginstal aplikasi berikut.

1. Facebok

          Anda pasti mengenal sosial media yang satu ini. Facebook merupakan sosial media yang terbesar dan paling populer di dunia. Facebook selalu mengikuti perkembangan zaman dengan selalu membuat aplikasi untuk perangkat seluler, mulai dari symbian, java, windows phone dan sekarang android dan ios. Untuk aplikasi di playstore sendiri, aplikasi ini telah terinstal lebih dari 30 juta pengguna di seluruh dunia.
        Semakin canggih dan semakin berat. Begitulah jika anda memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah saya sarankan jangan menginstall aplikasi ini. Karena aplikasi ini selalu aktif dan memiliki ukuran yang lumayan besar.Selain itu, dengan banyaknya fitur,notifikasi, serta konten berupa foto dan video akan menghasilkan banyak sekali cache yang akan memenuhi memori internal anda.
       Alternatif yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan browser seperti google chrome dan uc browser. Saran saya, gunakan uc browser, karena tampilannya mirip dengan aplikasi facebook. Alternatif lain yang bisa anda pilih adalah dengan menggunakan aplikasi facebook lite.

2.  Facebook Messenger

        Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi chat yang populer yang ada di google play. Aplikasi ini adalah pasangan aplikasi facebook yang telah saya jelaskan di atas.Dengan aplikasi ini, anda lebih dekat dengan teman-teman anda di facebook. Mudahnya berkomunikasi,berbagi file, serta fitur lainnya dapat anda nikmati dengan aplikasi ini.
         Tentu saja dengan menginstal aplikasi ini akan semakin memberatkan kinerja memori serta processor android anda.Dengan banyaknya fitur yang disediakan aplikasi ini, akan menguras baterai, memori, ram, dan kuota internet anda karena aplikasi ini selalu online.

3. Path

        Aplikasi ini merupakan sosial media yang cukup populer belakangan ini. Dengan segudang fitur dan juga pengamanan privasi yang baik, wajar saja jika banyak orang yang kagum dengan aplikasi ini. Path awalnya hanya dibuat sebagai sosial media untuk keluarga dan teman dekat, maka tidak heran jika jumlah teman di path dibatasi. Pengguna path biasanya berada di kalangan menengah keatas.Bagaimana tidak,jika menggunakan aplikasi ini, smartphone android anda akan selalu mengupdate bahkan selalu menampilkan notifikasi jika teman anda memposting sesuatu.Pastinya jika menggunakan smartphone dengan spesifikasi terbatas akan mengalami masalah.Dan jika anda menggunakan aplikasi ini, bersiaplah kuota anda akan cepat habis.
        Dengan fitur yang bagus, aplikasi ini bisa meninggalkan banyak cache di perangkat android anda. Path tidak bisa dibuka lewat browser sehingga jika ingin menikmatinya, anda harus menginstal aplikasinya di perangkat android anda.

4. Aplikasi widget cuaca

 

       Jika anda berada di kota besar, maka aplikasi ini akan sangat membantu anda untuk memperkirakan cuaca. Namun, jika anda berada di kota terpencil, maka aplikasi ini seharusnya dilenyapkan dari perangkat android anda. Update cuaca yang selalu dilakukan setiap waktu akan banyak memakan ram serta kuota internet anda.
        Kalaupun anda ingin mengetahui perkiraan cuaca, maka sebaiknya anda mengaktifkan fitur lokasi atau gps android anda kemudian buka browser anda, silahkan masuk ke google dan silahkan ketik "weather". Silahkan anda lihat hasilnya, cukup mudah, hemat, serta tidak memberatkan perangkat android anda.

5. Antivirus

 

        Smarphone android sangat aman dari serangan virus. Jadi, sebenarnya anda tidak perlu repot-repot memasang antivirus di smartphone android anda. Bahkan, beberapa aplikasi antivirus hanya memindai aplikasi yang terinstal di perangkat android anda saja. Beberapa waktu yang lalu, google telah mengklaim bahwa playstore bebas dari malware atau virus. Antivirus juga selalu aktif, sehingga akan memakan banyak ram dan menguras baterai.
        Banyak orang yang belum tahu, bahwa malware atau virus seringkali masuk melalui pc atau laptop yang telah terinfeksi.Jadi, jangan sembarangan mencolok kabel data ke pc atau laptop. Virus juga biasanya muncul dari aplikasi yang diinstal di luar playstore, untuk itu sangat disarankan untuk anda hanya menginstal aplikasi yang jelas sumbernya.

6. Browser Bawaan

         Smartphone android biasanya sudah menyematkan browser bawaan yang mungkin dikembangkan oleh pihak produsen smartphone.Namun, ada juga smartphone yang menggunakan google chrome sebagai browser bawaannya.Bahkan, ada brand ternama yang menyertakan google chrome dan browser yang dikembangkannya, sehingga ini merupakan suatu pemborosan memori.
        Namun, browser bawaan smartphone android biasanya kurang memuaskan. Saya menyarankan untuk anda agar menggunakan browser ringan seperti uc browser dan opera mini. Selain ringan, browser tersebut juga memiliki kecepatan dan kompres data yang cukup baik, sehingga anda bisa menghemat waktu dan kuota internet.

7. Aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan

        Selain browser, ada banyak sekali aplikasi bawaan android yang tidak terlalu bahkan hampir tidak dibutuhkan keberadaannya di smartphone android. Namun sayangnya, aplikasi bawaan android hanya bisa dihapus setelah proses rooting.
         Sekian dulu postingan saya kali ini. Kalau sahabat obatek ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi yang Seharusnya Tidak Terinstall di Android Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel